Saturday 25 October 2014

BEDA NYA TEMAN DAN KOLEGA

Di negeri kangguru ini ada perbedaan diantara teman dan kolega. Berikut perbedaan nya :

1. Hangout
kolega jarang, bahkan gak bakal ngajak kalian buat hang out bareng. berbeda dengan teman, teman bakal sering2 ngajak kalian buat hangout bareng.

2. Perbincangan
kolega hanya berbincang seputar urusan pekerjaan, hati2 deh kalo ngomong ama kolega. ngomong yg penting2 aja bukan yg penting ngomong. karena kemungkinan mereka bisa menjatuhkan kamu. jangan ngomong hal pribadi, dll. sedangkan ke teman, kamu bisa ngomong apa aja selagi teman tersebut bisa dipercaya *nama ny teman pasti bisa di percaya, kalo gak bisa dipercaya arti ny buka teman*

3. Tempat ketemu
kolega pasti ketemu di tempat kerja. teman bisa ketemu dimana saja. dari kolega pun bisa menjadi teman.

4. Sikap
kolega cenderung lebih mementingkan diri ny sendiri. mereka gak peduli terhadap urusan kamu. sedangkan teman, mereka care terhadap kamu. tempat berbagi. kadang teman lebih berharga dari saudara, ortu, dll.

5. Kenapa kolega terkesan sombong?
di negara barat, kenalan dengan orang di tempat kerja dan tiba2 sok deket itu rasa ny aneh. kamu gak tau siapa dia, background dia, dia yg sebenarnya, dll. jadi untuk menjadi teman, itu butuh proses. kalo kamu cocok dengan orang tersebut kemungkinan kamu cocok berteman dengan dia. sedangkan kalo kamu gak cocok dengan orang tersebut, bukan berarti harus bermusushan. itu arti ny kamu hanya cocok sebagai kolega dengan orang tersebut.

6. Apakah dia mengangap kamu teman atau hanya kolega?
kalo dia mengagap kamu teman, dia bakal cerita tentang hal pribadi dia, ngundang kamu ke rumah nya, ngajak hang out bareng, mau bantuin kamu tanpa pamrih, gak comel, pintar mejaga rahasia kamu, dll. kalo dia hanya berbicara seputar urusan kerja, sedikit bercanda tentang hal yg general, hubungan kamu dan dia hanya sebatas di tempat kerja dan urusan kerja, arti ny dia mengangap kamu sebagai kolega.

7. Mau berteman dengan kolega?
kalo kamu udah tau background dia, siapa dia, dia yg sebenarnya, kamu pun percaya kepada dia, cocok terhadap dia, dll. bisa dipastikan hubungan kamu bisa lebih dari kolega. kamu bisa mulai dengan berbagi cerita dinner semalam, humor tentang anak, suami dll, berbagi resep, berbagi rips shopping, dll. kalo dia pun berlaku yg sama seperti kamu, kemungkinan besar dia siap berteman dengan kamu. gw juga punya teman yg berawal dari kolega kok. dan dari puluhan kolega, cuma satu yg menjadi teman. karena teman di negeri barat itu bagaikan saudara sendiri.

8. Jangan berbagi rahasia terhadap teman yg baru kenal apalagi kolega
menjaga rahasia itu mudah untuk orang yg gak bocor, dan sukit untuk orang bocor. jadi kamu bisa berbagi rahasia kalo kamu udah punya rahasia dia. jadi sama2 menyimpan rahasia masing2. usahakan gak berbagi rahasia yg bisa hidupmu jadi fatal. rahasia tentang selingkuhan bolehlah di bagi ke teman. tapi rahasia soal korupsi, rahasia soal dana suap, rahasia soal tabungan, rahasia yg berhhbungan dengan duit lebih baik di simpan sendiri.

gw punya teman yg berawal dari kolega. doi berasal dari scotland. orang bijak banged, lebih bijak dari gw. kita suka hangout bareng, suka curhat, doi pinter banged kasih nasihat ke gw. walopun kadang doi bilang, bohong itu kadang bisa di sahkan disaat yg tepat. selain kerja di perusahaan yg sama, kita juga aktif di organisasi charity. nolongin orang2 yg miskin. disis lain, doi sabar banged ngadepin gw yg labil ini. kadang sih doi geregetan tapi gak sampe marah2. paling akhir ny ketawa tawa.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.