Monday 4 December 2017

17 weeks

Hari ini tepat kemailan aku menginjak 17 minggu, belom bikin appointment dengan midwife karena kesibukan dan kelelahan. Pas USG 12 minggu pun telat 2 minggu, jadi USG initial pas 14 minggu 3 hari. Untung pas usia 11 minggu udah generation test, jadi pas initial USG cuma liat perkembangan janin dan gerakan janin aja dan semua nya normal. Hasil generation test untuk check kromosom 21,18 dan 13 semua nya normal. Baru tau kalo di trimester ke 2 kehamilan kita menghasilkan hormon yg bikin otot relax kemudian spine dan pelvic jadi relax juga mempersiapkan kelahiran. Pantesan punggung dan selangkangan berasa ngilu dan berakhir di physio kemudian physio strap punggung untuk mensupport posture dan membatasi gerakan (gak bisa bending karena strap di punggung, jadi kalo mau ngambil sesuatu dari lantai harus squat). Paru paru masih belum kembali seperti semula sejak pneumonia bulan september lalu. walaupun udah mulai dilatih berenang tapi cuma bisa berenang 15 menit (1 lap swimming) dan jalan kaki 1 puteran rumah yg tiap 10 meter berenti. Aku tidur posisi nya miring ke kiri dengan bantal pemisah diantara paha, kata nya itu posisi paling bagus buat ibu hamil. Masih minum folic acid, vit D, calcium, magnesium. Tgl 14 Dec rencana mulai nyicil keperluan bayi. niat nya beli baju anak yg ukuran 1 tahun aja sekalian, nappy cloth (serasa lebih natural buat kulit di banding pampers), dan car capsule. aku masih binggung antara beli stroller atau nggak karena kayanya lebih enak pake gendongan biar bayi nya lebih hangat. lagian kalo ada bayi males juga keluar rumah, ribed. Apalagi perkiraan lahir bulan May, musim gugur hampir musim dingin. mending ngedusel aja berduaan di rumah sampe akhir musim semi menjelang musim panas. aku gak tau ibu dateng atau nggak, dia belum pasti. Aku sih gpp kalo dia dateng atau nggak, kalo dia mau dateng paling abis cuti lahiran aku abis. Sejauh ini aku masih kerja jam 9 pagi - 2 siang. gak tau mau kerja sampe kandungan berapa bulan, nunggu pendapat midwife dan baru mutusin.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.