Wednesday 30 July 2014

lebaran di Melbourne LAGI !

kemarin ibu saya telefon dan tanya, apa saya sudah mengucapkan happy ied mubarak kepada Eyang saya. saya lupa, bener2 lupa kalau hari itu sudah lebaran ke 3. disini tidak terasa lebaran. tidak ada hari libur maupun orang yg berjualan kulit ketupat beberapa hari sebelum lebaran. ibu saya pun bercerita kalau dia makan opor ayam & ketupat. bikin saya ngecesss keinget opor ayam buatan Oma saya. saya rindu sekali suasana lebaran dengan ketupat dan opor ayam nya. setiap malam takbiran, saya dan ibu ke pasar untuk beli kulit ketupat dan bumbu2 buat rendang, opor, sayur labu siam yg di santanin *lupa namanya* di tambah pete. di bulan puasa, tidak pernah saya melewatkan kolang kaling, timun suri, kolak, dan es buah. walaupun saya tidak berlebaran, saya senang menikmati kesibukan bulan puasa dan lebaran. saya sering ikut mbak saya berpuasa. ketika lebaran, saya sering mengunjungi keluarga saya yg merayakan, diantara nya Eyang saya, serta om dan tante saya. demi makan ketupat serta kue kering. icip2 makanan dari rumah ke rumah, rasa nya beda2. ada yg rendang ny kering, ada yg opor ny gak ada rasa nya, ada yg ketupat ny nampol gegara keras banget, ada yg minum ny sirup marjan merah, ada yg nyedian minuman kaleng, ada yg nyedia in es krim. di rumah sodara saya, selalu tersedia kacang. dimana mana ada kacang. saya juga rindu, suasa mudik lebaran yg meriah dan heboh. saya tinggal di Bekasi, 15 menit dari kalimalang. terasa sekali suasana mudik disana. bahkan saya pernah terkena macet karena mudik lebaran ini. sampe berjam2 stuck di tempat itu. tapi saya bahagia, lihat orang naik motor yg di kasih extension batang pohon buat bawa barang2 mudik. rata2 motor tersebut di tumpangi 4 orang. bapak, ibu, anak, dan bayi atau balita. sungguh mengharukan perjuangan mereka demi ke kampung halaman nya bertemu orang tua dan saudara. lebaran di Melbourne tidak terasa sama sekali. Konsulat Jenderal RI pun seperti nya tidak mengundang saya untuk halal bi halal. saya tidak dapat informasi apapun. mungkin karena saya bukan muslim. atau mereka memang tidak melakukan halal bi halal. entahlah.. semoga di lebaran berikut ny saya berada di Indonesia demi makan ketupat dan opor ayam.

HAPPY IED MUBARAK ALL !!!

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.