Friday 27 November 2015

Gue anak Bekasi

Bekasi sebenernya lebih ke campuran antara sunda dan betawi ora. Kalo kata emak gue, sekarang orang betawi ora udah gak di bekasi lagi tapi udah pindah ke cikarang sono. Hahaha ada aja ya emak gue. Kalo ngomong sama penjual sayur, sering banget mereka ngomong 'ilok' dan 'bagen'. Di bekasi kalo kita beli pisang sama kakek2, biasa nya emak gue bilang 'beli pisang di si engkong'. Kakek2 di bekasi demen banget jualan pisang, kecapi, dll. Kalo beli banyak ciki, emak gue bilang nya 'beli ciki serenceng' kalo beli sayuran dengan murah, emak gue bilang 'beli serebu dapet nya segambreng' gak tau kenapa gue merasa bahasa itu normal. Gue merasa bahasa itu, bahasa nasional Indonesia. Gue baru paham kalo itu sebernya bahasa orang bekasi. Penduduk bekasi sebenernya lebih ke campuran. Gak ada orang asli bekasi. Orang asli bekasi yaitu betawi ora. Orang kampung di bekasi, rumah nya unik. Ada yg masih bilik, lantai tanah, dan bale2 di depan rumah, lengkap dengan lampu teplok atau kalo udah sedikit modern mereka pake lampu kuning. Kalo main ke kampung di bekasi pas ujan2 biasa nya licin dan belok (berlumpur), karena jalanan di kampung masih tanah liat. Sebagian sudah di aspal tapi di pinggir nya masih tanah liat jadi kalo ujan tanah nya beleberan di aspal. Sampe kendaraan pun penuh tanah. Tapi bekasi bikin kangen. Kalo ke bekasi jangan lupa beli anggur bekasi. Sejenis buah yg asem dan bentuk nya seperti anggur. Kalo gak salah dalam bahasa Indonesia orang bilang 'jomblang' di makan nya dimanisin dulu. Di kasih gula yg banyak lalu di kocok2 sampe layu. Kemudian di taruh di kulkas biar dingin dan dimakan siang2. Kalo masa kecil gue di bekasi, hobby banget manjat pohon demi metikin buah di pohon orang bareng anak tetangga.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.