Saturday 21 March 2015

kebebasan untuk orang yg ganguan jiwa

kalo di Indonesia, saya pernah denger ada rumah sakit jiwa. tapi saya gak pernah ngunjungin atau lihat secara langsung. saya pernah nya liat di tv, rumah sakit jiwa itu kayak penjara dengan jeruji besi #Sadis. padahal mereka juga gak mau sakit jiwa. orang sakit jiwa (berdasarkan yg saya tonton di tv) ditakuti, dijauhi, dicemooh, tidak diakui oleh keluarga, diikat dengan tali ke tempat tidur, kamar nya ditutup jeruji besi. namun berbeda dengan Australia. disini mereka dipelakukan lebih manusiawi. beberapa tahun yg lalu, rumah sakit jiwa dihapus oleh pemerintah Australia. tak heran banyak orang aneh berkeliaran disini. misal nya mereka suka pakai jaket tebal, kaca mata hitam, sepatu tebal dimusim panas. lalu pakai sendal jepit, baju pantai, dsb di musim dingin. tidur di pinggir jalan, berteriak tanpa alasan, tertawa sendirian tanpa sebab, dll. as long as mereka mau ikut "aturan" (minum obat) gak masalah kok. gak perlu di masukin rumah sakit jiwa. yang saya tau, rumah sakit jiwa satu satu nya di Melbourne ya cuma di Box Hill. itu pun khusus untuk orang sakit jiwa yg dapat membahayakan orang lain, agressive lah pokok nya (bisa mencelakakan orang hingga membunuh orang lain). kalau sakit jiwa tapi hanya senyum senyum sendiri, teriak, atau berpakain aneh masih boleh hidup bebas. ibu saya pernah cerita kalo teman nya masuk rumah sakit jiwa selama beberapa hari karena stress lalu keluarga besar nya memutuskan untuk masukin dia ke rumah sakit jiwa. padahal dia gak membahayakan orang lain. oleh karena itu pas beberapa minggu yang lalu, saat saya ke Box Hill shopping centre sampe agak malem. banyak orang aneh berjalan jalan disana. apalagi box hill shopping centre jadi satu sama stasiun kereta. pas saya beli snack di mcd. ada orang yg mau bayar, tapi duit nya dikeker satu per satu, bayar nya pake koin yg 20cents, 50cents gitu. sampe manajer nya harus nangganin. terus ada juga cewek yg dateng pake jaket bulu yg tebal, kaca mata hitam, muka nya ketutupan rambut dan jaket padahal itu malem loh. itulah kebebasan untuk mereka. saya setuju jika mereka hidup bebas. diperlakukan lebih manusiawi. mari kita hargai dan perlakukan mereka yg ganguan jiwa layak nya mereka yg normal.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.