Saturday 28 February 2015

established hidup di negera orang

Kalo di tanya sudah established atau belum, saya bisa bilang sudah. Walaupun belum 100%. Karena sudah punya temen dari berbagai latar belakang, bahasa dan budaya (seru!), sudah punya penghasilan sendiri, active di organisasi kemanusiaan. Tapi masih numpang di rumah suami, masih bebani Ed dengan tagihan listrik, air, dan gas. Karena dari awal Ed bilang penghasilan saya buat uang jajan saya aja. Mungkin kalo saya gak bebani dia dengan kebutuhan saya (make up, jajan di kafe, sepatu, tas, dll) sudah cukup meringankan beban dia. Saya kan juga baru pindah 1,5 tahun yg lalu. Masih harus banyak belajar. Kalo kata orang disini, bahasa inggris saya sudah hampir fluent. Walaupun kadang saya lupa kosa kata yg sulit, tapi dalam pengucapan dan tata bahasa sudah bagus. Tapi dalam penulisan masih sangat ancur. tapi yang penting kalo ngobrol sama temen dan orang lokal bisa nyambung. Kalo ditanya udah tau luar dalam Ed? Sudah tau. Sudah jarang argue, saya ngerti dia, dia ngerti saya. Sudah jadi teman hidup. Kalo gak ada Ed saya ngerasa ada yg kurang, begitupun sebalik nya. Kami sudah paham, cara menghadapi emosi satu sama lain.  Saya sudah tau dimana tempat belanja yang murah, cara memilih barang segar di supermarket, cara hemat uang belanja, waktu yg tepat ke supermarket, dll. Sudah tau barang yg bagus dan jelek. Kalo beli barang, lebih baik ke opp shop. Karena banyak barang yg kualitas nya bagus tapi seharga Kmart. Kalo beli barang di Kmart, spend less shoes, jay jays, valley girl, dll gak bagus barang nya. Cepet yacky. Kalo belanja harus pilih pilih, karena rata rata barang disini model nya bagus bagus, keren tapi baru dipake beberapa kali langsung buluk (terutama baju, baru bbrp x cuci udah buluk) kalo sepatu, bisa bikin kaki sakit dan gak nyaman. Kalo beli pakaian dalem di Kmart aja. Karena murah. Kalo buluk juga gak ada yg liat. Kalo mau beli pakaian, beli yg bermerek. Memang agak mahal, tapi awet. Kalo mau yg bermerek tapi murah, pergi lah ke opp shop. Kalo beli baju yg murah tapi bagus, pergilah ke Target. Kalo beli elektronik, beli di Harvey Norman atau Myer electrics atau David Jones. Karena kualitas nya jelas. Nah kalo soal ngobrol dengan orang lokal. Saya sudah ngerti aturan nya. Kita gak boleh bicara tentang politik dan agama. Karena bisav memicu konflik. Apalagi maksa orang lain untuk masuk agama nya hahaha.. Orang disini paling sering bicara tentang cuaca kalo gak ada bahan obrolan.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.