Saturday 21 February 2015

kenapaaa gak lanjut kuliah sekarang?? kenapa oh kenapa?

Jadi ada banyak pertimbangan untung rugi. Kenapa akhir ny gw putuskan untuk fokus ke kerja dulu. Awal ny Ed nyuruh gw lanjut kuliah februari ini. Tapi setelah pertimbangan dalam perjalanan mengelilingi bumi 7X akhir ny gw putuskan, not this year. Why? Oh why? Bcos tahun ini, Ed kasih gw duit buat study. Tapi duit tsb gw investasikan dulu. Dan tahun depan, kemungkinan besar, biaya pendidikan gw ditanggung pemerintah. Lalu gw untung 2X dong. Duit buat study dari Ed utuh di investasi dan biaya pendidikan gw di tanggung pemerintah. Lalu keuntungan lain nya, gw dapet tambahan duit investasi dari gaji gw pribadi. Sedangkan kalo gw kuliah tahun ini, biaya pendidikan di tanggung Ed, jam kerja gw berkurang. Jadi gw fokus ngumpulin duit dulu tahun ini buat beli odong odong. Disisi lain, gaji gw lebih baik dari yg sarjana baru lulus. Terus perusahaan tempat gw kerja, bayar super funds buat hari tua gw. Tapi kerugian kalo gw tetep kerja begini, dalam 10 tahun mereka yg sarjana gaji ny bisa jauh lebih gede dari gw (kalo mereka bisa dapet kerja). Sedangkan gaji gw bakal mentok di sini, mungkin sih naik tapi dikit. Nama ny hidup itu untung untungan. Kalo cuma kuliah dan jadi sarjana mah gampang. Yang susah itu, pas usah lulus terus nyari kerja yg gaji cocok (sebanding dengan biaya kuliah). Gak mungkin kan kalo sarjana cuma jadi tukang cendol. Rugi dong? Yg gak sarjana juga bisa kalo cuma jualan cendol. Jadi bos cendol lebih gampang lagi asal ada modal. Jadi di jaman ini, jangan asal kuliah demi dapet gelar sarjana. Karena yg pengganguran gelar sarjana itu banyak. Harus dipikirin, setelah lulus mau ngojek atau dagang bubur.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.