Sunday 4 January 2015

kebanyakan pohon, bikin binggung sendiri

di bagian belakang holiday house saya ada banyak pohon lavender disekeliling pohon mawar dan tulip (atau tanaman bulbs lain). ketika spring, bunga lavender warnanya ungu tua. bagus banget, susah dijelasin nya. summer merupakan waktu yang tepat untuk propagate lavender. terus? saya sudah propagate mereka pas early summer. saya pake cells trays. saya beli 20 begituan. tiap tray berisi 64 cells. saya juga beli 15 trays yang isi 100 cells per tray. dari hasil seleksi alam. dimana yang kuat akan bertahan dan yang lemah akan mati dengan sendiri nya. saya dapat 40 tanaman lavender baru. saya binggung mau ditanam dimana lagi. tahun kemarin, saya nanem sayur sayuran, bunga dll. akhirnya kebanyakan dibuang daripada ditanam. pohon anggur baru hasil propagate tahun kmrin ada 40 pot. pohon tomat baru yang ditanam dari biji ada 65 pot. rock melon ratusan pohon. gak tau mau dikemanain. saya udah kayak orang mau jualan. sampe tetangga saya, pas dateng ke paternakan bilang 'are you going to sell them at market?' saya gak mau jualan kok. itu cuma sekadar hobby aja. saya seneng kalo liat, taneman yang baru di propagate tumbuh akar. atau biji yang saya tanem mulai sprouting. mereka kadang bikin saya senyum sendiri,  pas saya pikir mereka sudah mati dan saya gak mau nyiram mereka yang mati. kemudian tiba2 muncul bunga dari mereka. seakan mengatakan kepada saya 'hello, i am still alive. i prove it' terus saya kecewa sama diri sendiri. kok saya jahat, gak watering mereka. gak peduli terhadap mereka.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.