Wednesday 20 May 2015

depresi belajar bahasa

Keinget pertama kali dateng kesini, gak ngerti orang ngomong apa. Mau pesen makanan pun gak bisa. Sekarang malah cas cis cus. Jadi awal nya, Ed ngajarin saya lewat radio. Otomatis otak saya langsung keriting. Karena orang di radio nya ngomong ny kayak kumur2. Saya jadi gak ngerti orang itu ngomong apaan. Pupus sudah harapan bisa bahasa inggris ala aussie. Mau balik aja pokok nya. Nah pas lagi nonton TV, gak sengaja nonton ABC for Kids. Pas lagi nonton kartun tsb, kok saya ngerti gitu. Orang nya ngomong nya pelab pelan dan jelas. Nah mulai saat itu, saya jadi suka nonton kartun di ABC for Kids. Terus lama kelamaan, udah ngerti ajaa gitu orang lokal ngomong apa. Terus yaudah, Ed kalo pulang kerja bawa koran dari kantor. Saya pilih artikel terus di terjemahin ke bahasa indonesia pake kamus. Abis itu baca artikel tsb dlm bahasa inggris di depan Ed supaya Ed bisa memperbaiki pronounced saya yg salah dan vocabulary saya jadi bertambah. Nah sejak begitu selama 3 bulan kira2. Saya mulai gabung di organisasi charity untuk bersosialisasi. Abis gitu, seperti air mengalir saja. Sekarang malah udah cas cis cus. Pokok nya jangan takut salah kalo mau belajar. Temen saya orang Vietnam, udah 7 tahun disini. Tapi bahasa inggris ny masih tersendat sendat dan masih banyak salah nya. Temen saya orang Filipin udah 20 tahun disini, tapi kalo dia ngomong. Orang bule di sekitar pada lipet dahi semua. Pada binggung sama ucapan dia. Berhubung saya bisa beberapa bahasa, jadi ngomong sama orang yg broken english bukan masalah bagi saya. Karena saya bisa mereka reka dia ngomong apa kira2. Udah hampir 2 tahun disini, bahasa inggris udah lancar seperti naik perosotan. Udah dapet pengalaman kerja lokal, kenal orang lokal juga. Tinggal nunggu keputusan immigrasi. Soal nya saya masih binggung, menetap disini atau di Indonesia. Paling telat akhir tahun ini keputusan keluar. Rencana nya mau jadi akuntan (cita2 awal) atau management hotel (karena saya udah ada pengalaman di bidang ini) atau nursing di aged care (karena tempat kerja nya tinggal ngesot dari rumah). Maka nya saya mau ambil satu per satu di tafe yg 6 bulan. Kalo udah lulus, terus cocok sama kerja dan gaji nya. Saya lanjutin ambil sarjana nya. Kalo ternyata saya gak suka sama pekerjaan yg saya pelajari. Tinggal ambil lagi pilihan lain di tafe yg 6 bulan. Saya emang binggung gitu.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.