Tuesday 22 September 2015

Anggrek

Hari minggu kemarin, kami ke pasar yang menjual pepohonan dan bunga2. Kami beli banyak pohon untuk screen. Selain beli pohon untuk screen, kami juga beli anggrek. Cuma beli satu anggrek saja karena ini pertama kali nya kami beli anggrek. Saya pilih anggrek bulan. Selain karena bunga anggrek bulan itu awet, disisi lain anggrek bulan gak suka air jadi saya gak perlu nyiram. Tapi kok ya pot nya kekecilan, akhir nya saya pindahin ke pot yang lebih besar bahkan cenderung kebesaran supaya gak pindah2in untuk waktu lama, karena kalo keseringan di pindahin saya takut anggrek nya stress. Anggrek kan cukup sensitiv ya, di beberapa bagian akar nya juga retak/hampir patah. Untung aja di rumah ada bettadine, jadi saya kasih betaddine di sekitar luka akar nya supaya bakteri mati dan akar yang luka gak busuk. Lalu saya rendam di air selama kurang dari 1 jam, bersihin akar nya dari peat moss yang tua, potong beberapa akar nya yang busuk. Lalu saya kasih betaddine lagi di akar yang saya potong dan akar yang retak/hampir patah. Di jemur sebentar sampe akar kering lalu saya siapin pot yang diisi setengah arang dan peat moss yang basah. Lalu saya tanam, berhubung cuaca di luar masih agak dingin dan saya khawatir kelembapan di peat moss naik maka untuk sementara saya taruh di dalam rumah karena di dalam rumah suhu udara lebih stabil. Takut anggrek nya stress juga, baru di pindahin ke tempat baru udah gitu suhu udara naik turun. Sampe sekarang sih keliatan nya masih baik2 saja. Berhubung nenek saya menggeluti dunia anggrek sejak saya belom lahir dan sejak kecil saya sudah kenal anggrek dan sering lihat nenek bagaimana dia merawat anggrek tsb. Setelah 2 hari saya transplant barulah saya keluarin buat matahari pagi dan masukin lagi ke rumah. Karena emang bagus nya matahari pagi yang belum terlalu panas kalo udah siang dan terlalu panas nanti daun nya hitam seperti terbakar. Awal nya mau beli yang warna putih tapi karena udah terlalu mainstream anggrek bulan warna putih. Jadi saya beli yang warna warni (kuning totol ungu tua dan sedikit merah, sedikit putih) pokok nya cantik. Sedikit trivia : anggrek bulan itu asli dari Indonesia, dan merupakan puspa pesona dari bagian bunga nasional Indonesia

Pas di holiday house saya taruh di flower stand. Sebagai hiasan rumah.

With Love,
Mrs Traczyk

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.