Monday 24 August 2015

Ed belajar bahasa Indonesia

tadi Ed mau refreshing kemampuan bahasa Indonesia nya berhubung udah lama gak ngomong pake bahasa Indonesia. jadi saya bilang begini 'sekarang kita akan belajar EYD (Ejaan yang disempurnakan)' lahlu Ed tanya 'what is EYD' saya jelasin panjang lebar lahlu kita ngomong2 tentang kata baku. nah pas itu, saya tanya ke Ed 'what is baku?' Ed dengan pd nya bilang 'that is nail, paku'. baku menjadi paku ckckck. lahlu kita ngomong lagi pas Ed lagi nyuci piring. kalimat bolak balik. saya mulai dengan kalimat begini 'Ed mencuci piring, piring dicuci oleh Ed' lahlu dia balas begini 'Ed pergi ke pasar, pasar pergi ke Ed' hadehhhh kalo punya murid begini gimana yaa. mana muka nya polos dan penuh percaya diri pula. tantangan dalam belajar bahasa indonesia itu imbuhan dan akhiran. karena beda imbuhan atau akhiran jadi beda makna. menurut saya lebih mudah belajar bahasa inggris ketimbang bahasa indonesia. bahasa inggris cuma ngafalin rumus nya. lah bahasa indonesia, berapa kosa kata yang harus di ingat buat imbuhan dan akhiran coba ckckck... Ed aja yang sempet kuliah di Univesitas di Indonesia khusus belajar bahasa aja masih belom lancar sampe sekarang, sekalipun istri ny asli indonesia. pas saya buka buku buku nya Ed tentang belajar bahasa Indonesia, isi nya cerita legenda atau dongeng semua. yang di pelajari anak SD. tentang berlibur di desa di minang sambil naik mobil lalu lihat kerbau dan sawah di jalanan yang berbelok sambil melihat rumah gadang. pantesan aja di tau nya baku = paku, pasar pergi ke Ed. gpp dech, yang penting Ed bisa bilang Mas mas, atau mbak mbak. udah cukup.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.